4 Tools Gratis untuk Mencari Keyword Turunan

cara mencari keyword turunan

Semakin spesifik suatu keyword, biasanya makin sedikit juga jumlah pencariannya, namun tingkat persaingannya juga akan semakin rendah.

Dengan kata lain, semakin spesifik suatu keyword, semakin mudah juga untuk di optimasi dari segi SEO nya.

Cara paling mudah untuk mencari keyword yang spesifik adalah dengan mencari keyword turunan dari keyword utama.

Bagaimana cara mencari keyword turunan? Simak caranya pada artikel ini.

 

Apa itu Keyword Turunan?

Jika Anda ingin menargetkan keyword “cara membasmi semut” misalkan, keyword-keyword lain yang lebih spesifik seperti “cara membasmi semut merah” atau “cara membasmi semut di mobil”merupakan keyword-keyword turunannya.

Keyword turunan sering kali merupkan long tail keyword. Karena keyword turunan biasanya spesifik dan terdiri lebih dari 3-4 kata.

Karena lebih spesifik, biasanya keyword turunan akan memiliki lebih sedikit persaingan dari pada keyword utamanya, yang artinya akan lebih cepat untuk berada di rangking yang baik. Walau memang, biasanya pencariannya lebih sedikit.

Namun, lebih baik memiliki artikel yang pencarinnya sedikit namun memiliki rangking yang bagus di SERP dari pada memiliki artikel dengan banyak pencari, namun keberadaannya di SERP tidak diketahui bukan?

 

Cara Mencari Keyword Turunan

Mungkin masih ada lebih banyak tools gratis di luar sana yang dapat Anda gunakan untuk mencari keyword turunan, namun dari Saya pribadi lebih merekomendasikan 4 tools gratis di bawah ini:

 

1. Keywordtool.io

Tools pencari keyword dari keywordtool.io yang satu ini akan menampilkan keyword-keyword turunan dari keyword utama yang Anda targetkan.

mencari long tail keyword di keywordtool.io

Cara penggunaanya cukup simpel, yang Anda haru lakukan hanya masukan keyword di kolom pancari, pilih negara dan bahasa dan dia akan menampilkan keyword-keyword turunan dari keyword utama Anda.

Namun tentu karena gratis, tidak semua data ditampilkan.

Data-data seperti search volume, trend dan kompetisi hanya akan ditampilkan saat Anda berlangganan versi berbayarnya.

 

2. Keyword.io

Tools kedua yang dapat Anda gunakan untuk mencari keyword turunan adalah Keyword.io.

mencari long tail keyword di keyword.io

Cara penggunaannya kurang lebih sama dengan keywordtool.io, namun tools ini sering kali menampilkan jumlah keyword yang lebih banyak dari keywordtool.io.

 

3. Instakeywords.com

Intakeywords.com ini mirip dengan kedua tools sebelumnya, tools ini akan menampilkan keyword-keyword turunan dari keyword utama yang Anda masukkan.

mencari long tail keyword di instakeywords.com

Tools ini memiliki akan menampilkan data pencarian untuk masing-masing keyword.

Namun mungkin karena data yang masih kurang lengkap, kebanyakan keyword akan menunjukan angka 0 pada jumlah pencariannya.

 

Anda bisa menggunakan google search untuk mencari keyword turunan.

Tinggal masukkan keyword utama Anda pada kolom pencarian, lalu tekan spasi dan google akan memberikan semacam suggestion untuk pencarian-pencarian lain berdasarkan kata kunci yang Anda masukkan.

mencari long tail keyword di google.com

Namun biasanya keyword turunan yang ditampilkan tidak terlalu banyak. Tapi ada trik yang dapat Anda gunakan agar bisa mendapatkan lebih banyak keyword turunan dari google search suggestion.

Caranya adalah dengan menggunakan teknik A-B-C.

Lakukan seperti cara yang sebelumnya, namun setelahnya Anda coba ketikan “a”, “b”, “c” dan seterusnya pada kolom pencarian.

mencari long tail keyword di google.com dengan teknik abc

mencari long tail keyword di google.com dengan teknik abc

Cara ini cukup efektif dan simpel untuk mencari keyword turunan dan suatu keyword.

 

Itulah 4 tools gratis yang dapat Anda Gunakan untuk mencari keyword turunan. Semoga bermanfaat.