Pengertian Traffic Pada Website

Apa itu traffic?

Jika Anda ingin menyelami dunia internet marketing. Anda harus memahami hal ini, kenapa? Karena traffic, dapat dikatakan sebagai hal yang paling penting dari internet marketing. Lalu sebenarnya, apa itu traffic?

 

Apa itu Traffic?

Traffic adalah banyaknya pengunjung yang mengunjungi website Anda. Namun banyaknya pengunjung di sini, tidak dihitung dari berapa banyak pengguna yang datang ke website, namun dihitung dari banyaknya session yang terjadi pada website Anda.

Bingung? Bagus! Itu artinya Anda ingin tahu lebih lanjut. Teruskanlah membaca.

Mungkin Anda masih bingung apa yang Saya maksud dengan session di atas, akan saya jelaskan terlebih dahulu apa itu session.

 

Apa Itu Session?

Session kumpulan kumpulan interaksi pengguna dengan website Anda dalam jangka waktu tertentu.

Dan session akan berakhir saat pengguna tidak melakukan interaksi apapun dengan website Anda dalam jangka waktu tertentu.

Jadi begini, misal pada website Anda, Anda menentukan 1 session akan berakhir setelah pengguna tidak melakukan interaksi apapun dengan website Anda dalam jangka waktu 30 menit.

Lalu ada 1 pengguna (anggap namanya Budi) yang datang ke website Anda, membuka beberapa halaman, lalu tiba-tiba merasa lapar dan meninggalkan website Anda demi makan mie ayam dalam waktu lebih dari 30 menit. Saat Budi tidak melakukan interaksi apapun dengan website Anda selama lebih dari 30 menit tersebut, pada kondisi inilah, terhitung sebagai 1 session.

Dan apabila setelah 30 menit tersebut Budi berinteraksi kembali dengan website Anda, Budi akan berada pada session yang berbeda. Pada kasus ini, akan terhitung ada 2 session, yang berarti Anda mendapatkan 2 traffic.

Dalam menghitung traffic, tools yang biasa digunakan oleh para internet marketer adalah google analytics, karena merupakan salah tools tools analytics yang akurat, dan yang terpenting, gratis.

Pada google analytics, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan 1 session berakhir.

 

Kapan Session Berakhir?

1. Saat pengguna tidak melakukan interaksi.

Seperti yang saya jelaskan diatas.

 

2. Saat pergantian hari

Misal Budi mengunjungi website Anda pada malam hari, lalu karena mengatuk, Budi meniggalkan website Anda untuk tidur dan berhenti berinteraksi dengan website Anda pada pukul 23:50.

Pada kasus ini, walaupun Anda men-setting batas waktu 1 session adalah 30 menit, session tidak akan berakhir pada pukul 00:20, namun akan berakhir pada pukul 23:59:59.

 

3. Perubahaan kampanye

Saya akan berikan contoh paling simpel untuk yang satu ini.

Misal, Budi mengunjungi website Anda melalui pencarian organic, dimana ini berarti Budi memulai 1 session, lalu setelahnya, Budi mengunjungi website Anda melalui iklan yang ada pada hasil pencarian google.

Anggap 1 session Anda set 30 menit, pada kasus ini, Budi akan membuka session baru saat dia membuka website Anda melalui iklan yang ada pada hasil pencarian google.

 

Ok, saya harap sekarang Anda sudah memahami apa itu traffic. Namun tentunya itu belum cukup bukan? Anda harus mengetahui dari masa sajakah Anda bisa mendapatkan traffic.

Lalu dari mana sajakah sumber traffic itu berasal? Simak penjelasannya di bawah:

 

Sumber Traffic

Setidaknya, ada 5 sumber traffic yang umum diketahui:

 

1. Search Engine

Search engine merupakan salah satu sumber traffic yang terbesar pada saat ini. Bayangkan saja, orang-orang di seluruh dunia melakukan 40.000 pencarian di google setiap detiknya.

Namun, tentu dibutuhkan usaha untuk mendapatkan traffic dari search engine. Ada 2 jenis traffic pada search engine:

  1. Organic traffic: Berasal dari hasil pencarian organic. -> Ini Gratis.
  2. Paid traffic: Berasal dari iklan. ->Bayar.

Untuk bisa mendapatkan traffic dari pencarian organic, Anda harus melakukan sesuatu yang dinamakan SEO. Agar website Anda dapat muncul di ranking yang tinggi pada pencarian organic. Biasanya ini membutuhkan waktu yang cukup lama.

Jika ingin cepat, Anda bisa beriklan di search engine, salah satu platform yang dapat digunakan untuk beriklan di search engine adalah Google Ads. Namun, tentu, bayar.

 

2. Social Media

Anda juga bisa mendapatkan traffic dari social media, seperti facebook, twitter, dll. Dan sama seperti traffic yang berasal dari search engine, pada social media pun terdapat 2 jenis traffic, berbayar dan gratisan.

 

3. Referral

Referral traffic adalah traffic yang datang dari website lain, misal Saya menaruh link ke website seoroundtable.com, lalu Anda mengklik link tersebut, pada kasus ini, seoroundtable akan mendapatkan referral traffic dari website ini.

 

4.Direct Traffic

Direct traffic adalah traffic yang datang ke website Anda dengan mengetikan langsung domain website Anda. Misal jika Anda datang ke website ini dengan langsung mengetikan belimbo.com, maka Anda akan terhitung sebagai direct traffic pada website ini.

Direct traffic merupakan traffic yang penting, mengapa? Karena semakin banyak direct traffic yang datang ke website kita, itu menandakan bahwa brand kita sudah dikenal oleh banyak orang.

 

5. Lainnya

Selain sumber-sumber di atas, masih ada beberapa sumber traffic semisal email, display ads dan lain-lain.

 

Ok, sekian penjelasan mengenai apa itu traffic. Semoga Anda dapat memahaminya dan jika ada yang ingin Anda tanyakan, jangan sungkan untuk bertanya via kolom komentar.

Terimakasih. Semoga bermanfaat.